Skip to main content
Pengawasan

Lakukan Pengawasan, BPOM : Jajanan Takjil di Bengkulu Tengah Aman Dikonsumsi

Bengkulu Tengah (AMBONEWS) - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu melakukan kegiatan pengawasan pebukoan dengan mobil laboratorium keliling pada makanan takjil yang tersedia di Pasar Ramadan di Kabupaten Bengkulu Tengah, pada Selasa (12/4/2022) hingga Rabu (13/4/2022). 

Koordinator Infokom BPOM Bengkulu, Yunika Sary, S.Farm.,M.Si.,Apt, mengungkap pengawasan dilakukan pada sampling makanan dan minuman pebukoan yang diduga mengandung bahan berbahaya seperti formalin, boraks, Rhodamin B, dan Methanyl Yellow. 

Pengawasan ini lanjutnya, bekerja sama dengan lintas sektor terkait yaitu Dinas Kesehatan dan Dinas Perindag Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kegiatan dilaksanakan di sepanjang Jalan Kembang Seri, Karang Tinggi, dan Pasar Pedati dan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. 

Selanjutnya petugas melakukan pengujian sampel tersebut dengan menggunakan Rapid Test Kit di mobil laboratorium keliling. 

Dari 86 sampel yang disampling dan dilakukan pengujian, lanjut Yunika diperoleh hasil seluruhnya negatif atau tidak mengandung bahan berbahaya.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin membeli jajanan takjil di sini tidak usah khawatir karena sudah kami pastikan aman," ungkap Yunika.

Selain itu petugas juga memberikan komunikasi, informasi, edukasi dan menyebarkan leaflet kepada pedagang takjil agar menjaga kebersihan maupun kesehatan makanannya.

Disukai