Skip to main content
Tahap Awal, Refocusing Anggaran Pemprov Rp 37 M Untuk Penanganan Covid-19

Tahap Awal, Refocusing Anggaran Pemprov Rp 37 M Untuk Penanganan Covid-19

AMBONEWS.COM, Bengkulu - Pandemi Covid-19 di Provinsi Bengkulu kian merebak, untuk menangani dampak dari pandemi ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menyiapkan anggaran sebesar Rp 37 miliar.

Anggaran Rp 37 miliar ini berasal dari refocusing anggaran APBD Provinsi Bengkulu untuk tahap awal yang khusus akan digunakan untuk penanganan Covid-19 termasuk dampak sosialnya.

Dijelaskan Gubernur Rohidin, bahwa penganggaran yang dilakukan telah proporsional karena APBD Bengkulu itu nilai nominalnya memang termasuk masuk 5 Provinsi terendah dengan total APBD nya.

“Untuk itu kita proporsional juga ketika mengalokasikan untuk Covid, tidak mungkin kita 5 terkecil terus kita masuk 5 terbesar dalam penganggaran,” papar Gubernur Rohidin usai Rapat Paripurna virtual d3ngan DPRD Provinsi Bengkulu, Kamis (30/4).

Tingginya anggaran Covid-19 ini lebih ditekankan untuk infrastruktur seperti rumah sakit, ruang perawatan, peralatan medis.

Tak hanya itu, Pemprov Bengkulu juga memikirkan dampak sosial dari Pandemi Covid-19 ini yang sangat durasakan oleh masyarakat.

Seperti berkurangnya pendapatan masyarakat bahkan adanya pemutusan kerja atau PHK.

“Untuk itu, perlu dukungan dari kita agar masyarakat bisa melewati masa sulit, yang dirasakan sekarang adalah kebutuhan untuk dampak sosial ekonomi, disinilah perlu peran serta dari 9 Bupati dan 1 Walikota untuk bersinergi di wilayah kerja kita masing-masing dan Pemprov akan men-support dari sisi anggaran,” demikian Rohidin.

 

Red/Adv

Disukai