Skip to main content
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) Bengkulu, yang diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi, Achmad Brahmantyo Macmud, dan didampingi oleh Kepala Bagian Umum, Rahmad Huda, menerima penghargaan terbaik ketiga dalam kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Satuan Kerja Non Badan Layanan Umum (BLU) dalam Ajang Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara dalam Rangka Percepatan Sertifikasi Tanah BMN Tahun 2024 dan Penganugerahan Penghargaan Reksa Bandha di Lingkungan Kantor Pelayanan Kekay

Kemenkumham Bengkulu Raih Penghargaan Terbaik Ketiga dalam Pengelolaan PNBP Satker Non-BLU

Bengkulu (AMBONEWS) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) Bengkulu, yang diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi, Achmad Brahmantyo Macmud, dan didampingi oleh Kepala Bagian Umum, Rahmad Huda, menerima penghargaan terbaik ketiga dalam kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Satuan Kerja Non Badan Layanan Umum (BLU) dalam Ajang Sosialisasi Pengelolaan Kekayaan Negara dalam Rangka Percepatan Sertifikasi Tanah BMN Tahun 2024 dan Penganugerahan Penghargaan Reksa Bandha di Lingkungan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Bengkulu.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Divisi Administrasi, Achmad Brahmantyo Macmud, dari Kepala Kantor KPKNL Bengkulu, Odyses Medwan Sinurat, di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bengkulu pada Selasa (05/3/2024).

Achmad Brahmantyo Macmud menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Bengkulu atas penilaian yang diberikan kepada Kanwil Kumham Bengkulu di bidang PNBP Satuan Kerja Non-BLU, sehingga Kanwil Kumham Bengkulu dapat meraih penghargaan tersebut.

Ia menjelaskan bahwa PNBP bersama penerimaan perpajakan merupakan pilar utama penerimaan negara yang menopang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dalam satu dekade terakhir, kontribusi PNBP rata-rata mencapai 29 persen dari total pendapatan negara. "Realisasi PNBP tahun 2014 hasil audit BPK mencapai 398,4 triliun atau meningkat hampir tiga kali lipat dibanding realisasi pada tahun 2005 sebesar 146,9 triliun," ujarnya.

Anugerah Reksa Bandha 2024 diberikan sebagai apresiasi atas kinerja terbaik dalam bidang pengelolaan. Diharapkan seluruh satuan kerja dan pemangku kepentingan di wilayah Bengkulu dapat terus mengoptimalkan penggunaan aset, meningkatkan kualitas pelayanan dan transparansi, serta akuntabilitas kekayaan negara, sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi keberlangsungan dan kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia.

Achmad Brahmantyo Macmud juga mengucapkan rasa syukur dan bangga atas kinerja Kanwil Kumham Bengkulu atas raihan penghargaan yang diterima. Melalui penghargaan ini, diharapkan Kanwil Kumham Bengkulu mampu mempertahankan penerimaan PNBP Satker Non-BLU yang merupakan instrumen strategis dalam mengarahkan dan menetapkan kebijakan pemerintah di berbagai sektor guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan keadilan antar-generasi.

Disukai