Skip to main content
Dewan Kepahiang

Banggar Beri Tenggat Waktu Sepekan untuk TAPD Rasionalisasi Anggaran

Kepahiang (AMBONEWS) - Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Kepahiang menggelar rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bahas Perubahan APBD Kabupaten Kepahiang Tahun 2021 diruang rapat badan anggaran pada Senin (20/09/2021).

Pada rapat tersebut Banggar dan TAPD fokus pada penekanan defisit Rp64,8 Milyar pada Perubahan APBD. Banggar juga memberikan waktu sepekan kepada TAPD untuk merasionalisasikan defisit anggaran bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pimpinan Badan anggaran Windra Purnawan mengatakan agar TAPD berkoordinasi kembali bersama OPD menyerahkan kegiatan yang prioritas, Banggar memberi tenggat waktu selama sepekan agar TAPD bersama OPD melakukan koordinasi dan rasionalisasi.

"Hari ini kami bersama TAPD membahas Perubahan APBD yang terdapat defisit 64,8 Milyar. Kami berharap melalui pembahasan defisit dapat ditekan pada angka nol. Kita juga minta TAPD untuk berkoordinasi kembali kepada OPD terkait kegiatan mana saja yang sangat prioritas," Kata Windra Purnawan.

Ia menambahkan konstruksi APBD perubahan hingga menyebabkan defisit mencapai Rp 64 Milyar lebih dikarenakan adanya penarikan Dana Alokasi Umum sebesar 13,5 Milyar oleh pemerintah pusat dan berkurangnya pendapatan asli daerah sebesar 1,5 Milyar imbas pandemi covid-19.

"Lainnya ada penambahan anggaran pada sejumlah OPD seperti pembayaran jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesda) kepada BPJS, insentif tenaga kesehatan pada Dinkes dan RSUD, Siltap perangkat desa dan Anggaran Pemilihan kepala desa serta pembayaran honor dan operasional tenaga kebersihan pada DLH dan lainnya," Ungkapnya.

Sementara itu koordinator TAPD Zamzami,Z,SE.MM menyatakan pada pembahasan hari ini TAPD dan Banggar sudah mengurangi defisit hingga 25 %.

"Kami akan rapat kembali bersama OPD tentang skala prioritas yang paling prioritas. Mudah-mudahan dalam waktu satu minggu yang diberikan banggar, kami dapat mencari solusi dalam menekan defisit ini," Kata Sekda kepahiang ini.

Dia menambahkan meski pekan depan angka defisit belum nol, namun TAPD akan kembali rapat bersama Badan Anggaran.

"Hasil koordinasi bersama OPD akan kami sampaikan ke Badan anggaran minggu depan. Hal ini dalam rangka memudahkan kita dalam pembahasan," demikian Zamzami,Z,SE MM.

Untuk diketahui rapat pembahasan perubahan APBD Kabupaten Kepahiang Tahun 2021 dipimpin Ketua DPRD Windra Purnawan,SP didampingi Wakil Ketua 1 Andrian Defandra,M.Si dan Wakil Ketua II Drs.M.Thobari Muad,SH serta dihadiri sejumlah anggota Badan anggaran DPRD. Hadir pada rapat pembahasan TAPD yang dipimpin koordinator Sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang Zamzami,Z,SE.MM.

Disukai