Skip to main content
Jaksa Agung Lantik Pejabat Baru dan Sampaikan Amanat di Kejaksaan Agung

Jaksa Agung Lantik Pejabat Baru dan Sampaikan Amanat di Kejaksaan Agung

Jakarta (AMBONEWS) - Bertempat di Lantai 11 Gedung Utama Kejaksaan Agung, Jaksa Agung ST Burhanuddin melantik, mengambil sumpah, dan menyaksikan serah terima jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi dan Pejabat Eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung.

Jaksa Agung Burhanuddin menyampaikan bahwa proses rotasi, mutasi, dan promosi merupakan bagian penting dari evaluasi dan peningkatan kinerja serta regenerasi sumber daya manusia dalam menjaga kedinamisan institusi.

Dalam amanatnya, Jaksa Agung menekankan bahwa para pejabat yang dilantik telah melalui proses seleksi yang ketat dan memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk memimpin serta menggerakkan roda bidang atau satuan kerja yang dipimpinnya.

Jaksa Agung juga memberikan beberapa pokok penekanan tugas yang harus segera disesuaikan dan dilaksanakan oleh para pejabat yang dilantik, antara lain:

  1. Bagi Para Kepala Kejaksaan Tinggi yang baru dilantik, agar segera:

    • Bersinergi dengan instansi terkait dan aparat penegak hukum lainnya dalam mengawal penyelesaian tahap akhir Pemilihan Umum.
    • Memastikan kesiapan para Jaksa dalam menguasai dan memahami spirit serta substansi KUHP Nasional dalam menyongsong pemberlakuannya pada tahun 2026.
    • Meningkatkan pengawasan melekat terhadap seluruh jajaran di satuan kerja masing-masing.
  2. Bagi Para Pejabat Eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung yang baru, agar segera:

    • Mempelajari tugas dan kewenangannya yang baru guna mendukung visi dan misi Institusi Kejaksaan.
    • Melakukan evaluasi kinerja yang terdapat di dalam masing-masing lingkungan kerja atau bidang jabatan selanjutnya.
    • Menanamkan paradigma sinergisitas dan kolaboratif di antara bidang dalam setiap pelaksanaan tugas.

Jaksa Agung mengingatkan kepada para pejabat yang dilantik agar amanah yang diberikan dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, serta komitmen yang sungguh-sungguh untuk bekerja keras dan cerdas diiringi dengan pengamalan nilai-nilai Tri Krama Adhyaksa.

Mengakhiri amanatnya, Jaksa Agung menyatakan bahwa jabatan adalah sebuah amanah yang dapat membawa keberkahan atau sebaliknya, tergantung pada niat dan cara menjalankannya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi Kejaksaan RI, Wakil Jaksa Agung, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Para Staf Ahli Jaksa Agung, Ketua Umum Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat beserta anggota, Para Pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Kejaksaan Agung.

Di tengah kesempatan ini, Jaksa Agung juga mengucapkan terima kasih kepada para pejabat lama yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan penuh pengabdian serta berharap mereka terus memberikan kontribusi positif dalam tugas dan tanggung jawabnya yang baru.

Pejabat yang dilantik pada tanggal tersebut adalah:

  1. Dr. Rudi Margono, S.H., M.Hum. sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.
  2. Teguh Subroto, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau.
  3. Agus Salim, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan.
  4. Bambang Hariyanto, S.H., M.Hum. sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah.
  5. Asep Maryono, S.H. sebagai Kepala Biro Perlengkapan pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan.
  6. Dr. RD Mohammad Teguh Darmawan, S.H., M.H. sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung.

Disukai