Skip to main content
Siap raih predikat WBK, Satker Kemenkumham Bengkulu Terima Verifikasi Lapangan TPI Itjen

Satker Kemenkumham Bengkulu Ditinjau TPI Itjen Untuk Pastikan Kesiapan Predikat WBK

Bengkulu (AMBONEWS) - Rangkaian penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu telah memasuki tahap lanjutan yaitu verifikasi lapangan oleh Tim Penilai Internal (TPI) dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Wilayah VI, Jumat (10/5/2024). Beberapa Satker Kemenkumham Bengkulu menjadi sampel dalam verifikasi lapangan kali ini yaitu Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu, Lapas Kelas IIA Bengkulu, dan Kanim Kelas I TPI Bengkulu. 

Kegiatan verifikasi lapangan ini merupakan lanjutan dari kegiatan wawancara/desk evaluasi mandiri yang sudah dilaksanakan pekan lalu. TPI beserta tim Kanwil mendatangi Satker Kemenkumham Bengkulu untuk melakukan crosscheck keterpaduan data dan pemaparan yang disampaikan sebelumnya pada sesi wawancara dengan kondisi nyata di lapangan. 

Didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi Machyudhie, Kepala Bagian Program dan Humas, Masnawati, Kasubbag HRBTI Medianto, Tim TPI meninjau langsung sarana dan prasarana serta pelayanan yang ada di satuan kerja tersebut. 

Diawali dengan kunjungan ke LPP Bengkulu tim melakukan pengecekan langsung terhadap berbagai jenis layanan yang diselenggarakan di LPP Bengkulu, termasuk mengkaji inovasi-inovasi unggulan yang baru saja diluncurkan tersebut. Kehadiran TPI diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kemajuan pembangunan Zona Integritas di LPP Bengkulu. Di LPP,  tim mengapresiasi kebersihan dan berbagai program kemandirian bagi warga binaan. 

Selanjutnya tim melakukan verifikasi pada Lapas Kelas IIA Bengkulu, tim berkunjung ke ruang pelayanan untuk memantau kesigapan dan fasilitas layanan yang tersedia hingga ruang giatja, dapur hingga blok hunian pun juga dipantau oleh TPI. Dalam pantauannya, tim melakukan wawancara dengan beberapa warga binaan untuk memastikan apakah inovasi dan pelayanan Lapas Kelas Kelas IIA Bengkulu telah dirasakan manfaatnya bagi warga binaan. Beberapa fasilitas dan sarana prasarana  yang tersedia pun ikut menjadi perhatian dari Tim.

Selanjutnya, tim melakukan verifikasi lapangan pada Kanim Kelas I TPI Bengkulu,  Tim TPI  langsung berkeliling area Gedung Kanim untuk melihat berbagai sarana dan prasarana serta layanan inovasi sebagai bentuk perubahan peningkatan layanan agar semakin prima dalam melayani. Tim juga mengamati alur kunjungan layanan keimigrasian sehingga dapat dipahami oleh masyarakat. Berbagai inovasi dari Kanim Bengkulu, diantaranya: CURUP (Cukup di Rumah Urus Paspor), TAPAK PADERI (Tanpa ke Kanim Petugas Yang Datang Menghampiri), dari inovasi tersebut tim TPI menyarankan agar disampaikan di website Kanim Bengkulu. 

Pelaksanaan verifikasi lapangan ini menjadi salah satu tolak ukur  terhadap progress dan capaian penerapan Zona Integritas pada satuan kerja Kemenkumham Bengkulu dalam keseriusan meraih predikat WBK 2024. Selain itu, sebagai bukti guna mewujudkan Clean dan Good Governance melalui pelayanan prima kepada seluruh masyarakat.

Disukai