Skip to main content
Dalam rangka penyusunan formasi, analisis jabatan, dan peta jabatan di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kanwil Kemenkumham Bengkulu mengikuti rapat virtual yang diadakan pada hari Kamis (4/7/2024) di Ruang Media Centre.  Rapat ini dihadiri secara virtual oleh Kepala Kantor Wilayah (Santosa) yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian, TU dan RT (Christa Sthephanie N.T) dan staf subbag Kepegawaian, TU dan RT. Hadir pula sebagai narasumber salah seorang Tim Pokja Perencanaan dan Pengad

Kemenkumham Bengkulu Siapkan Formasi, Analisis Jabatan, dan Peta Jabatan Baru

Dalam rangka penyusunan formasi, analisis jabatan, dan peta jabatan di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kanwil Kemenkumham Bengkulu mengikuti rapat virtual yang diadakan pada hari Kamis (4/7/2024) di Ruang Media Centre.

Rapat ini dihadiri secara virtual oleh Kepala Kantor Wilayah (Santosa) yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Kepegawaian, TU dan RT (Christa Sthephanie N.T) dan staf subbag Kepegawaian, TU dan RT. Hadir pula sebagai narasumber salah seorang Tim Pokja Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Yoga.

Dalam paparannya, Yoga menjelaskan bahwa tahapan penyusunan Analisis Jabatan dan Peta Jabatan (Anjab dan ABK) meliputi tahap persiapan, pengumpulan data, pengelolaan data, verifikasi jabatan, dan penetapan jabatan.

Lebih lanjut, Yoga menyampaikan bahwa prioritas pemenuhan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di tahun 2024 akan difokuskan pada beberapa hal, yaitu:

  • Pelayanan dasar tenaga guru dan tenaga kesehatan.
  • Penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah seoptimal mungkin.
  • Perekrutan talenta-talenta baru melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
  • Pengurangan rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Penyusunan formasi, analisis jabatan, dan peta jabatan baru ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengelolaan kepegawaian di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bengkulu yang lebih efektif dan efisien. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan reformasi birokrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Disukai