Skip to main content
kemenkumham

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Gelar Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual di Kabupaten Bengkulu Tengah

Bengkulu Tengah (AMBONEWS) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Santosa, membuka kegiatan Sosialisasi Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual di Kabupaten Bengkulu Tengah. Acara ini bertemakan "Jelajahi Potensi, Tingkatkan Pendaftaran, dan Kelola Kekayaan Intelektual untuk Mendukung Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi" dan dilangsungkan di Hotel Sindu Bengkulu Tengah pada Rabu (28/02/2024).

Dari Kanwil Kemenkumham Bengkulu, hadir Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Andriensjah, serta narasumber internal seperti Kabid Pelayanan Hukum, Suriyanti, Kasubbid Pelayanan KI, Tosimun, dan staf pelayanan Sub. Bidang Kekayaan Intelektual.

Pj. Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah, Dr. Heriyandi Roni, M.S., yang diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bengkulu Tengah, Ibu Eka Nurmeini, S.E., M.Pd., turut hadir sebagai Keynote Speaker. Hadir pula Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM Bengkulu Tengah, Zamzami Syafei, S.IP., M.Si., serta sejumlah pejabat dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu, Santosa, menjelaskan bahwa Kekayaan Intelektual adalah hak yang timbul dari kemampuan intelektual manusia, mencakup berbagai bidang seperti teknologi, nama/tanda pada barang/jasa, ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. Bengkulu Tengah memiliki potensi Kekayaan Intelektual, seperti pendaftaran Indikasi Geografis Batik Sungai Lemau, proses pendaftaran IG Jeruk Kalamansi, serta potensi IG Durian Bengkulu Tengah dan Manggis Penuh.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bengkulu Tengah, Ibu Eka Nurmeini, S.E., M.Pd., menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah aktif mendukung program Kementerian Hukum dan HAM RI untuk "Jelajahi Potensi dan Tingkatkan Pendaftaran dan Kelola Kekayaan Intelektual untuk Mendukung Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi" tahun 2024.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 100 peserta yang berasal dari berbagai instansi seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Holtikultura, dan Perkebunan, serta instansi lainnya di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Disukai